Membuat Color splash Bunga Mawar di Photoshop

Membuat Color splash di Photoshop
Selamat malam sahabat desaingrafis.my.id, gimana kabarnya :), sehat kan....??
nah kali ini saya akan berbagi ilmu cara mudah membuat color splash dengan menggunakan photosop, sebelumnya mungkin ada yang belum tau apa itu color splash, jadi di sini saya akan menjelaskan sedikit mengenai color splash, color splash merupakan sebuah gambar yang terdiri dari 3 warna yaitu hitam, putih dan warna object yang di fokuskan. jadi bisa di simpulkan sendiri bahwa pengertian splash adalah membuat object menjadi fokus dengan menjadikan latar backgroun hitam putih.


Dari pada penasaran langsung saja kita praktekan langkah - langkah membuat color splas di photosho, di sini saya menggunakan bunga mawar untuk prakteknya, jika mau bisa di download di bawah ini, atau juga bisa pakai gambar yang lain, asal nanti ada object yang akan di fokuskan. dan perlu di ketahui, objectnya harus mempunyai color yang mencolok.

1. Open Gambar yang akan di gunakan (Ctrl + O)
2. Kemudian hilangkan tanda kunci pada layer object, setelah itu kita bisa duplikat menggunanak tombol ( Ctrl + J) nah nanti hasilnya seperti dibawah ini.

kemudian setelah terduplikat, selanjutnya, klik layer copy, setelah itu kita buat warnyanya menjadi hitam putih, silahkan ke menu Edit -> Adjusment -> balck And With,  maka gambar akan menjadi hitam putih.

3. kemudian pilih bagian object mana yang akan dibuat tajam, karena di sini saya memakai gambar mawar jadi saya fokuskan pada kelopak bunganya, karena warna yang paling mencolok itu. kemudian setelah di tentukan object mana yang di fokuskan, silahkan menggunakan Pen tool untuk menseleksi bagian yang akan di fokuskan.


4. kemudian rapikan agar sesuai dengan bentuk object, menggunakan Direct Selection Path,  nanti hasilnya kayak gini.
" jadi setiap kita menseleksi object pastikan object terseleseksi sesuai dengan Objectnya, untuk penambahan anchor point tidak masalah kalau banyak, malah nanti bisa meningkatkan kualitas seleksi".

5. setelah di rasa seleksi sudah mendekati sempurna/ sudah sesuai object, maka langkah selanjutnya adalah membuat seleksi pada bagian object yang telah kita beri path tadi. caranya yaitu klik kanan di area dalam bagian yang terseleksi, kemudian pilih Make Selections,

setelah di make selections, nanti hasilnya seperti ini 


6. kemudian kita kembali ke layer utama yang asli, kemudian tekan ( Ctrl + J ) untuk menduplikat bagian yang terseleksi tadi.
" jadi fungsi dari (Ctrl + J ) adalah selain untuk menduplikan layer, perintah ini juga berfungsi untuk menduplikat bagian yang terseleksi. bisa di lihat di gambar.






7. setelah ter duplikat, kemudian layer hasil du plikat tadi taruh di paling atas, seperti di bawah ini

8. dan bisa di lihat nanti hasilnya seperti ini















Artikel Terkait

Membuat Color splash Bunga Mawar di Photoshop
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 comments:

June 22, 2015 at 1:05 PM delete

Tutorial yang sangat bermanfaat.

Untuk tambahan trik desain grafis bisa agan lihat di situs berikut Trik Desain Grafis

Reply
avatar